KJ PERTEMUAN 2

MEDIA TRANMISI
KOMPUTER JARINGAN / AINUN NAJIB



          Untuk menghubungkan komputer dalam jaringan, perlu adanya sebuah media penghubung agar komputer dapat saling berkomunikasi dan berbagi data. Media transmisi / penghubung dalam jaringan dibagi menjadi dua macam :

A. NIRKABEL ( Tanpa Kabel )

          Merupakan media transmisi jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubungnya. proses transmisi ini menggunakan gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel / serat optic. Media ini memerlukan antena untuk transmisi dan penerimaan ( transmiter dan receiver). Beberapa contoh metode ini diantaranya menggunakan Bluetooth, Infrared, dan Wifi / Hotspot.

B. KABEL

          Merupakan media transmisi jaringan menggunakan sinyal terbatas secara fisik menggunakan sistem kabel. Beberapa diantaranya adalah menggunakan kabel Twister pair, Coaxial, fiber.

1. Twister pair Cable



          Merupakan dua pasang kawat yang berpilin dan terdiri dari dua konduktor yang di gabungkan untuk mengurangi atau meniadakan inferensi elektromagnetik. memiliki dua jenis yaitu STP (Shielded Twisted Pair) yang memiliki selimut dan UTP (Unshielded Twisted Pair) yang tidak memiliki selimut. Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan yang di sebabkan posisi kabel terlekuk ataupun inferensi internal lainya. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya.

2. Coaxial


          Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak di gunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 Khz ke atas. serta dapat di jalankan dengan tampa banyak membutuhkan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh.

3. Fiber Optic


          Kabel fiber optic merupakan media networking yang mampu di gunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. terbuat dari kaca atau plastic yang mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lainya.


-----------------------------------------------------------
TUGAS SISWA

Silahkan berkomentar pada blog di bawah ini dengan format
NAMA (spasi) KELAS
contoh DIKA X MM PI


Komentar

Posting Komentar