PD PERTEMUAN KE 2

BAHASA PEMROGRAMAN
PEMROGRAMAN DASAR / AINUN NAJIB


Bahasa pemrograman merupakan untaian kata kata yang berupa intruksi atau perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa di mengerti oleh komputer. Intinya adalah bahasa yang digunakan manusia untuk memberikan perintah ke hardware komputer.

Jumlah bahasa pemrograman sangat banyak mulai yang berbasis dekstop, Android, WEB, dan lain lain, yang mana mempunyai bahasa pemrograman yang berbeda beda. berikut beberapa bahasa yang sering di gunakan :

1. JAVA

          Merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai platform (web, Android, dekstop). Bahasa ini sering di gunakan karena kelebihan nya diantaranya dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda beda, Berorientasi Objek (OOP) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program, selain itu JAVA memiliki library yang lengkap sehingga akan memudahkan programer.

2. Bahasa C

          Merupakan bahasa tertua yang pernah ada yang di kembangkan pada tahun 70 an. Bahasa ini sangat populer di indonesia maupun di dunia di karenakan bahasa ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain.

3.  PHP (Hypertext Pre Processor)

          Merupakan bahasa pemrograman yang berbasis WEB yang di gunakan untuk membangun website yang dinamis.

4. Visual Basic

           Merupakan bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh microsoft. Bahasa ini menawarkan IDE Visual dalam pembuatan software yang berbasis windows.

5. PHYTON

          Merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat membangun aplikasi berbasis web maupun mobile. Bahasa ini termasuk kedalam bahasa pemrograman yang cukup mudah bagi pemula karena mudah untuk di baca dengan syntax yang mudah di fahami juga.




---------------------------------------------------------------------
TUGAS SISWA

Instal dan pelajari Aplikasi android bernama "PHP CODE PLAY" yang bisa di download di google play. Aplikasi ini nantinya akan kita gunakan untuk praktik Bahasa pemrograman.

LANGKAH - LANGKAH INSTALASI

1. Buka google Play. Cari dan Instal "PHP Code Play"


2. Setelah selesai, buka program PHP Code Play


3. Klik HTML + PHP untuk memulai menulis Coding / Memprogram


4. Klik Menu Code untuk menulis Code program. Klik menu Output untuk melihat hasilnya.


6. Selesai.



---------------------------------------------------------

PERHATIAN

1. Bila ada kesulitan dan kendala silahkan berkomentar di bawah artikel ini.
2. Jangan Lupa ABSEN di klik disini ( absensi )






Komentar