KJ PERTEMUAN KE 3

MODEL OPEN SISTEM INTERCONNECTION (OSI)
AHMAD AINUN NAJIB





     Model Open System Interconnection ( OSI ) diciptakan oleh international Organization for Standadization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini di kembangkan oleh industri komputer agar dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

         Dalam arsiterktur jaringan komputer, terdapat suatu lapisan (layer) yang memiliki tugas spesifik serta memiliki protokol tersendiri. Serta dalam mendesain suatu jaringan kita harus memperhatikan arsitektur standar yang telah dibuat oleh sebuah badan dunia (ISO).

1. LAYER PHYSICAL

Layer yang berfungsi dalam memproses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media seperti kabel.

2. LAYER DATA LINK

Merupakan layer yang berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data di kelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.

3. LAYER NETWORK

Berfungsi  untuk mendefinisikan alamat alamat IP. Serta menentukan rute yang harus di ambil selama perlajanan melalui router dan switch.

4. LAYER TRANSPORT

Bertugas melakukan proses transportasi dari data dan juga paket data yang di transmisikan melalui sebuah jaringan komputer.

5. LAYER SESSION

Berfungsi melakukan komunikasi pada sebuah jaringan.

6. LAYER PRESENTATION

Berfungnsi sebagai penterjemah, yaitu menterjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan di transmisikan ke layer berikutnya dan sebaliknya.

7. LAYER APLICATION

Berfungsi sebagai alat pengumpul informasi dan data yang di kirimkan melalui jaringan. Layer ini menyediakan interface atau aplikasi yang di gunakan untuk melakukan komunikasi di dalam jaringan.


---------------------------------------
TUGAS SISWA
Silahkan berkomentar di bawah blog ini berupa NAMA (spasi) KELAS

Komentar

Posting Komentar